Tips Sukses Digital Marketing untuk Bisnis Online

thumb

Hi #MWNers!

Perkembangan dunia digital yang semakin memberikan efek positif terhadap tumbuh kembang sebuah perusahaan menjadi salah satu alat pemasaran secara online yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya media digital yang dapat membantu untuk mempromosikan produk yang perusahaan tersebut jual. Salah satu teknik pemasaran yang tepat dan banyak digunakan hampir semua perusahaan adalah digital marketing untuk bisnis.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Online Yang Efektif Untuk UKM

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ya, hal tersebut bisa saja terjadi, karena praktek marketing secara digital ini sudah terbukti dapat membantu pebisnis untuk mendapatkan keuntungan yang  banyak dan dapat membesarkan bisnis yang mereka kelola.

Apa itu Digital Marketing?

Sebelum ke tahap selanjutnya, admin ingin menjelaskan terlebih dahulu untuk kamu tentang pengertian Digital Marketing itu sendiri. Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi atau pemasaran digital (elektronik), baik itu untuk brand atau produk sebuah perusahaan dengan beragam strategi pemasaran dan media digital yang ditawarkan.

Kamu bisa melakukan komunikasi secara online dengan calon pelanggan kamu melalui beberapa akses, seperti: website, blog, media sosial (Whatsapp, Instagram, Facebook) dan masih banyak lagi media online lainnya. Di dalam dunia digital, kamu bisa buat membuat calon pelanggan kamu tertarik dengan produk yang kamu jual yaitu dengan cara membuat iklan, email marketing, brosur online, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya strategi pemasaran yang baik, semua hal tersebut dapat berjalan secara maksimal. Namun agar strategi marketing berjalan sebagaimana mestinya, penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu bagaimana cara atau teknik dalam menjalankan digital marketing untuk bisnis online kamu. Nah disini admin akan berbagi tips sukses menjalankannya nih, simak baik-baik ya :

Definisikan Target Market

Sebagai seorang pebisnis atau seseorang yang baru ingin memulai bisnis, tentunya harus tahu kepada siapa akan menjual produk yang kamu pasarkan. Oleh karena itu, kamu perlu untuk menentukan target yang relevan dengan produk atau jasa kamu.

Mulailah untuk menggambarkan demografis calon pelanggan yang potensial untuk jualan kamu, seperti pendapatan, usia, minat, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan tempat tinggal. Dengan mendefinisikan target market seperti ini, harapannya adalah agar jualan kamu lebih ditargetkan dengan pelanggan yang memang benar-benar tertarik dengan apa yang kamu jual.

Namun dalam mendefinisikan target market membutuhkan waktu yang tidak sebentar #MWNers. Kamu harus fokus dan bisa luangkan waktu untuk melakukannya.

Pahami Target Audiens

Sebuah perusahaan bisa dengan mudah menentukan target audiens, namun belum tentu bisa memahami audiens. Nah agar kamu bisa memahami target audiens tersebut, kamu harus benar-benar terlibat secara langsung dengan pelanggan agar bisa memahami apa keinginan para pelanggan. Dengan keterlibatan tersebut merupakan salah satu bagian penting dalam praktek digital marketing untuk menghasilkan bisnis yang sukses.

Tetapkan Konversi yang Relevan

Kamu memiliki follower yang banyak di instagram? Apakah menjamin kampanye digital marketing kamu berjalan sukses? Jawabannya belum tentu. Pasalnya, belum tentu followers instagram bisa menghasilkan konversi yang baik.

Agar mencapai tujuan yang diinginkan, kamu perlu untuk menetapkan konversi seperti apa yang relevan dengan bisnis kamu. Kalau perlu, gunakan Call to Action (CTA) yang menarik dan efektif agar bisa mengarahkan para pelanggan untuk melakukan transaksi.

Beriklan di Media Sosial

Pada umumnya, perusahaan menggunakan media sosial untuk memasarkan produk jualannya. Biasanya mereka menggunakan dua platform media sosial berbeda seperti facebook dan instagram dengan tujuan untuk memperluas jangkauan bisnis dengan memanfaatkan fitur yang ada pada kedua social media tersebut.

Secara teknis akun perusahaan atau bisnis kamu di social media disebut sebagai sebuah iklan, dimana calon pelanggan dapat melihat detail perusahaan kamu dan produk yang kamu jual. Akan lebih efektif lagi, jika kamu menggunakan fitur iklan yang berbayar di masing-masing platform tersebut. Dengan memasang iklan di media social, kamu akan mendapatkan hasil yang sangat baik untuk keberlangsungan bisnis kamu.

Melakukan Riset

Jika kampanye digital marketing yang telah kamu lakukan ternyata tidak sesuai dengan harapan atau jauh dari harapan sebelumnya, jangan sedih dulu #MWNers. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan evaluasi. Apa yang menyebabkan kampanye kamu gagal dan tidak sesuai harapan?

Segera lakukan riset atau penelitian yang dibutuhkan untuk mencari tahu letak kesalahan yang terjadi untuk segera dilakukan perbaikan. Kamu perlu cek juga target market yang sebelumnya sudah kamu definisikan, coba kamu definisikan kembali dengan lebih spesifik lagi.

Selain itu, perbaiki juga kata kunci (keyword) yang sebelumnya kamu gunakan. Mungkin saja kata kunci yang kamu targetkan belum tepat di pencarian google. Karena mesin pencari google akan memunculkan website dengan kata kunci yang banyak orang cari.

Buat Konten yang Berkualitas

Bisnis kamu dapat berjalan dengan sukses, salah satunya yang paling berperan adalah konten yang berkualitas. Karena konten yang baik akan mempresentasikan bisnis online kamu dengan tepat. Dengan adanya konten, kamu bisa menyampaikan informasi yang penting di website kamu.

Namun jika konten yang kamu buat buruk, hal ini akan menyebabkan bisnis kamu dinilai buruk oleh para pelanggan. Oleh karena itu, kamu butuh tim kreatif yang memang sudah ahli dibidangnya yang bisa menghasilkan konten bermutu yang dapat menarik perhatian para pelanggan.

Pahami Digital Marketing dengan mengikuti Workshop

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk sukses menjalankan teknik digital marketing adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan workshop. Dengan mengikuti workshop tentang digital marketing, kamu akan memahami dan mengenal lebih jauh tentang digital marketing yang baik seperti apa dan bagaimana bisa membuat kampanye digital yang bisa menarik para pelanggan sebelum kamu terjun langsung melakukan prakteknya.

Berbicara soal digital marketing, di Masterweb dalam waktu dekat ini akan mengadakan Workshop bertemakan tentang Digital Marketing. Workshop pertama yang diadakan oleh PT. Master Web Network ini akan menghadirkan dua pembicara sukses yang berpengalaman di bidang Digital Marketing yang akan sharing ilmu nya untuk #MWNers semua. Tentunya workshop ini bisa kamu ikuti secara GRATIS!

Penasaran siapa saja pembicaranya? Kapan diadakan workshop nya? Cek secara berkala social media MasterWeb ya. Karena admin akan update tentang Workshop disana.

Sekian informasi tentang bagaimana tips sukses dalam menjalankan teknik online digital marketing untuk kebutuhan bisnis kamu agar dapat berjalan dengan efektif dan membawa keuntungan yang besar untuk keberlangsungan bisnis kamu.