Apa itu SSL?

thumb

Saat ini keamanan dalam sebuah situs website sangatlah penting. Dijaman yang serba digital ini, setiap transaksi dilakukan menggunakan internet dan website. Sehingga faktor keamanan bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder melainkan sudah berubah menjadi kebutuhan primer. Disini lah peran SSL diperlukan, sebuah sertifikat yang dapat mengamankan informasi website Anda. Membuat pengunjung yakin ketika berkunjung ke website Anda.

         1. Apa itu SSL?

SSL yang merupakan kepanjangan dari Secure Socket Layer adalah sebuah sertifikat pengamanan koneksi internet antara server dengan browser. Sertifikat SSL bekerja secara digital dan membuat situs web otomatis terenkripsi sehingga data sensitif menjadi terlindungi. Sehingga website Anda terhindar dari pembobolan data oleh hecker. Biasanya sebuah situs yang telah menggunakan SSL kan bertransformasi urlnya dari Http menjadi Https.

        2. Bagaimana cara kerja SSL sehingga dapat mengamankan data pemilik website? 

SSL Certificates digunakan untuk mengamankan setiap pertukaran informasi sensitif antara satu sistem dengan sistem lainnya. Anda dapat menganalogikannya dengan ketika Anda sedang bertransaksi beli barang di toko online. Pada saat anda melakukan transaksi dengan membeli sebuah produk di salah satu toko online. Maka ketika sedang membeli produk akan terjadi pertukaran data antara Anda dengan toko online tersebut. Mulai dari alamat email, nomor telepon, hingga informasi sensitif lainnya yang harus benar-benar Anda isi. Ketika anda sedang melakukan hal tersebut, SSL akan mengamankan setiap pertukaran data yang dilakukan dengan cara :

  • Mengamankan menggunakan algoritma yang ter-enkripsi (menggunakan kode) untuk mengacak data ketika pertukaran informasi terjadi. Sehingga hacker menjadi sulit ketika melakukan pencurian data. Membuat pertukaran data yang sedang berlangsung menjadi aman.
  • Dalam menerbitkan sebuah sertifikat SSL, Anda akan diminta untuk membuat Sysmmetric Encryption Key atau disebut dengan session key
  • Setelah sertifikat SSL telah terbit, server web akan menciptakan dua kunci kriptografi yaitu public key dan private key

        3. Apa kelebihan dari layanan SSL ?

Ketika Anda menggunakan SSL, maka tampilan website Anda akan terlihat lebih profesional. Dikarenakan semakin tinggi tingkat SSL yang anda gunakan maka tingkat kepercayaan pengunjung untuk datang ke situs anda lebih besar.

Selain itu SSL dapat mengoptimal SEO website Anda, ketika anda sudah memutuskan untuk menggunakan layanan SSL, maka SSL akan memberikan otoritas dan meyakinkan Google bahwa website anda adalah website yang profesional. Sehingga Google akan memberikan penilaian yang baik untuk situs Anda. Hal lainnya untuk membuat situs/website anda memiliki peringkat SEO yang tinggi, selain melakukan optimasi SEO menggunakan SSL dapat dijadikan pertimbangan dikarenakan tren website yang sudah menggunakan SSL peringkatnya akan lebih tinggi dibandingan yang belum menggunakan SSL.

       4. Bagaimana cara beli SSL murah?

Sekarang MWNers sudah mengetahui apa itu layanan SSL, apa saja manfaatnya dan bagaimana cara kerjanya. Masterweb merupakan penyedia layanan SSL Murah di Indonesia. Kamu dapat melakukan pembelian SSL hanya dengan Rp 99.000 saja. Menggunakan validasi domain sehingga tanpa perlu waktu lama SSL sudah dapat terbit. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, Anda sudah dapat mengamankan website dan membuat website Anda terpercaya sehingga pengunjung tidak ragu lagi bertransaksi di situs Anda. Untuk melihat jenis-jenis SSL dari Masterweb kamu bisa langsung cek disini