5 Cara Memulihkan Tabungan Usai Lebaran

thumb

Libur Hari Raya Idul Fitri telah usai, biasanya akan muncul masalah keuangan pasca lebaran. Mulai dari pengeluaran yang membengkak dikarenakan mudik ke kampung halaman atau sekedar membagi THR ke keponakan atau saudara-saudara sekitar. Banyak hal yang harus mulai dipikirkan untuk mengembalikan kesehatan dompet seperti semula. Berikut adalah 6 Cara yang bisa MWNers coba untuk mengembalikan kondisi keuanganmu normal kembali usai lebaran :

1. Catat Pengeluaran Saat Lebaran

Lihat kembali atau lakukan rekap pengeluaran kamu pada saat lebaran kemarin, untuk mengetahui apakah masih sesuai dengan anggaran pengeluaran yang sudah kamu buat sebelum lebaran. Jika hasilnya membengkak maka kamu perlu press sisa pengeluaran kamu. Hasil catatan kamu ini bisa dijadikan referensi untuk lebaran tahun berikutnya agar tidak terjadi lagi pengeluaran yang berlebihan.

2. Susun Kembali Anggaran Pengeluaran

Menyusun kembali anggaran pengeluaran kamu pasca lebaran untuk memisahkan kebutuhan yang bisa ditunda dengan kebutuhan yang mendesak. Hal tersebut untuk membatasi pengeluaran-pengeluaran yang tidak diperlukan sampai keuanganmu sehat kembali. Biasanya untuk pengeluaran yang bisa di press adalah pengeluaran sehari-hari seperti membawa bekal dari rumah agar menghemat uang konsumsi lalu apabila kamu suka berpergian menggunakan kendaraan pribadi bisa dialihkan menggunakan kendaraan umum untuk lebih hemat lagi. Bisa juga menggurangi penggunakan kuota internet dengan memanfaatkan WiFi disekitar kamu, sehingga biaya kuota internet kamu bisa dipangkas.

3. Batasi & Tetapkan Biaya Harian

Agar dapat menolong keuangan kamu setelah lebaran, segera batasi pengeluaran harianmu. Sebagai contoh kamu bisa membawa bekal dari rumah dan menggunakan kendaraan umum agar lebih hemat lagi. Serta tentukan besaran biaya yang boleh kamu keluarkan dalam sehari. Misalnya kamu menetapkan Rp 50.000 untuk kebutuhan sehari kamu. Selanjutnya pastikan kamu disiplin dalam menerapkan pengeluaran harian tersebut. Ingat jangan bawa uang lebih dari apa yang kamu butuhkan.

4. Lunasi Utang Konsumtif

Jangan lakukan penghematan untuk melunasi pinjaman atau tagihan kartu kredit anda. Apabila pada saat lebaran kemarin kamu menggunakan kartu kredit atau mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hari rayamu. Segera bayarkan setiap tagihan yang ada agar tidak semakin membengkak.

5. Tetap Menabung

Walaupun kondisi keuangan sedang menipis pasca lebaran, pastikan kamu tetap menabung atau menyisihkan uang untuk dana darurat. Disarankan kamu menyisihkan sekitar 20% dari penghasilanmu untuk ditabung. Setelah itu barulah kamu gunakan untuk pos-pos pengeluaran yang sudah dibuat. Biasakan menabung diawal pada saat gajian, jangan menunggu sisa uang dari pengeluaran ya. Agar kondisi keuanganmu cepat sehat kembali.

Setelah membaca artikel diatas, sekarang MWNers sudah tahukan bagaimana caranya untuk memulihkan tabungan seusai lebaran?

Yuk dicoba caranya dari sekarang, agar kondisi keuangannya stabil kembali. Selamat mencoba :)