VPS VS Cloud

thumb

Mungkin kamu masih belum paham sepenuhnya, apa sih bedanya VPS dan Cloud karena dua-duanya berupa server virtual. Lalu apa bedanya? Sebelum kami memberitahu mengenai perbedaan antara VPS dan Cloud. Kami ingin memberikan informasi apa sih Cloud dan VPS itu?

Cloud

Cloud server adalah contoh server virtual yang menyediakan pengguna dengan satu set berdedikasi dan dilindungi dari sumber daya mesin. Pada infrastruktur Cloud, setiap Cloud server, menyediakan kemampuan skala sumber daya server mereka on-demand. Cloud server selalu mendapatkan jumlah CPU yang dialokasikan, memory, disk, dll. Karena sifat dari Cloud adalah tidak bisa oversold. Teknologi cloud memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” berfungsi sebagai storage (disk virtual), beberapa server lain di’satukan berfungsi sebagai computing node (CPU virtual). Diatas platform cloud tersebut bisa berjalan beberapa server virtual.

VPS (Virtual Private Server)

VPS adalah layanan yang menyewakan server virtual, bedanya dengan shared hosting Anda memiliki kebebasan menentukan sistem operasi (OS) dan platform yang ingin digunakan. Jika menggunakan VPS seolah-olah seperti mempunyai server sendiri, cara kerjanya dibagi-bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan resources dan sumber dayanya sendiri, sehingga setiap bagian dapat menjalankan sistem operasinya sendiri.

Ringkasnya, Pada Cloud server merupakan gabungan dari banyak dedicated server menjadi satu kesatuan sistem besar. Masing-masing pada dedicated server dibuatlah mirroring atau sering disebut High Availability (HA). Cloud server memiliki Failover System/Auto Healing dimana fungsi ini pengalihan ke server lain didalam cloud apabila salah satu server mirror/utamanya down. Bagian utama yang lain dari cloud server adalah tersedianya NAS yang terhubung ke cloud guna menyimpan data2 sekunder cloud. Sedangkan pada VPS hanya standalone server.

Atau kalimat singkat perbedaan dan persamaan VPS dan Cloud adalah sebagai berikut:

Persamaan

VPS dan Cloud menggunakan server virtual dan diberikan akses untuk mengkonfigurasi sistem operasi dan platform yang ingin digunakan.

Perbedaan

Cloud memiliki sistem Node dimana apabila satu server mati akan berpindah ke server mirroring lainnya, sedangkan VPS belum memiliki sistem tersebut

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai VPS dan Cloud. Baik VPS maupun Cloud server menggunakan dasar lingkungan virtual yang sama untuk bisa berjalan. Semua kembali lagi menjadi pilihan Anda mana yang cocok untuk menjadi kebutuhannya, apakah ingin menggunakan VPS atau Cloud.

Kami hadir sebagai salah satu solusi bisnis Anda, kami memahami betul kebutuhan yang kian meningkat dengan seiring berjalannya waktu. Selain itu, kami juga sudah memiliki layanan terbaru kami Cloud server. Maksimalkan bisnis Anda dengan layanan kami!

Untuk lebih lanjut, silahkan hubungi kami www.masterweb.com