Tips Praktis untuk mengamankan Cloud Anda

thumb

Anda tidak perlu lagi membawa portable harddisk kemanapun Anda pergi karna layanan berbasis cloud  disini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Solusi cloud ini menyimpan data Anda secara online dan memberikan kemudahan mengakses di setiap tempat dan waktu selama tersedia koneksi internet. Namun yang menjadi perhatian serius adalah masalah keamanan, dimana untuk layanan cloud ini, Anda sendiri tidak yakin atau bahkan tidak mengetahui siapa saja yang dapat mengakses informasi penting dari data Anda.

Kita selalu dapat melindungi data kita dari  akses luar jika kita hanya membuat beberapa upaya ekstra, Berikut adalah beberapa tips praktis untuk menyimpan data cloud Anda lebih aman :

1) Back Up Data

Saat Anda memanage data pastikan Anda juga melakukan backup data Anda. Membuat Backup data merupakan hal penting karna dengan hal tersebut, Anda masih dapat memiliki copyan dan mengaksesnya kembali bahkan ketika aslinya hilang atau telah rusak. Ada banyak layanan penyimpanan awan yang tersedia di pasar saat ini, yang berarti Anda dapat mengatur beberapa akun cloud untuk tujuan backup.

2) Hindari Menyimpan Informasi Sensitif

Dalam penyimpanan data di Cloud, pastikan tidak menyimpan Informasi pribadi seperti nomor kartu kredit Anda, Informasi identifikasi Pribadi , alamat rumah, dll.

Jika harus memasukkan data pribadi tersebut, Anda harus melakukan enkripsi terlebih dahulu sebelum Anda upload data pribadi Anda.

3) Lakukan Enkripsi Data

Salah satu cara termudah untuk menjaga privasi Anda saat menggunakan layanan penyimpanan Cloud adalah untuk mencari satu provider yang menawarkan enkripsi lokal untuk data Anda. Hal ini dapat membantu melapisi keamanan data Anda di  Cloud dari pihak Рpihak  yang tidak berwenang.

4) Gunakan Password yang sulit

Sebagai pertahanan dari hacker jahat diluar sana, Sebaiknya Anda memastikan password Anda aman, password dapat dibuat serumit mungkin dengan campuran angka dan huruf, dibuat unik dan pastikan untuk mengubahnya secara berkala dan tidak mengulanginya pada semua akun online lain yang Anda miliki.

5) Waspada terhadap Perilaku Online Anda Sendiri

Terkadang, keamanan data cloud Anda tergantung pada apa yang Anda lakukan secara online, terutama pada komputer atau koneksi. Bila menggunakan komputer umum, pastikan Anda lock komputer dengan password dan Anda log out dari akun Anda setelah Anda selesai. Meninggalkan komputer tetap login menghadapkan Anda untuk risiko orang asing mengakses data Anda.

6) Pasang Anti Virus

Anda mungkin menggunakan penyedia layanan cloud yang aman yang benar-benar Anda percaya,  namun terkadang kelemahan dapat terjadi dari sistem komputer pada saat Anda login. Tanpa perlindungan yang tepat untuk sistem Anda, Anda membuka diri untuk bug dan virus yang menyediakan poin penetrasi bagi hacker untuk mengakses akun Anda.