Perubahan kebijakan pengiriman email

thumb

Pelanggan hosting yth,

Per tanggal 5 November 2010, kami melakukan perubahan sbb di server Spanel kami. Sebelumnya jika ada skrip PHP/CGI yang mengirim email menggunakan sendmail (fungsi mail() kalau di PHP) dengan header pengirim (From) yang tidak sama dengan domain yang dihosting, maka otomatis akan diubahkan ke domain yang yang dihosting secara “silent” tanpa pesan error. Contoh, jika skrip mengirim menggunakan budi@gmail.com, sementara domain hosting adalah example.com, maka header From otomatis akan diubah menjadi budi@example.com. Dan email akan terkirim.

Setelah perubahan, kini sendmail akan menghasilkan pesan error dan email tidak akan terkirim. Agar email berhasil dikirim, maka Anda perlu mengeset From menjadi budi@example.com *dan* pastikan juga akun email budi itu ada.

Perubahan ini untuk mengantisipasi banyaknya spam (dari hasil eksploit skrip PHP) yang memalsukan From dengan sembarang alamat. Kebijakan yang sama juga telah diadopsi di SMTP daemon (bagi skrip yang mengirim email lewat SMTP dan bukan sendmail). Dengan mengurangi insiden spam ini, maka mengurangi juga kasus IP server diblacklist oleh layanan-layanan RBL (termasuk juga oleh Yahoo! dlsb).

Mohon maaf atas gangguan yang terjadi. Jika ada masalah atau pertanyaan dapat didiskusikan di Forum Komunitas kami atau lewat tiket support.

UPDATE 2010-11-06 08:48 WIB: Kebijakan ini direvert/ditangguhkan dulu menunggu perkembangan lebih lanjut.