*MWNFACT* – 4 Fakta yang Membuat Websitemu sering Lemot / Down

thumb

Mungkin sering menjadi pertanyaan kita, mengapa website kita terkadang sering lemot atau bahkan tidak bisa diakses / down. Seperti halnya pada saat kita mencoba mengakses beberapa website sekaligus pada web browser kita. Ada situs yang dapat diakses dengan cepat, ada yang lambat.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sebuah situs dapat diakses secara lambat maupun cepat, yaitu :

* Jumlah Website dalam Sebuah Server Jumlah website yang ada pada sebuah server sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses website. Jika dalam sebuah server menampung begitu banyak website maka kemungkinan terjadi down-time atau web lemot akan lebih mungkin terjadi.

Contoh :

Jika kamu naik busway dengan jumlah penumpang yang lebih sedikit maka kamu pasti akan merasa lebih nyaman, begitu pula dengan kecepatan laju busway tersebut. Namun jika kamu naik busway yang penuh sesak maka kamu pasti tidak akan merasa nyaman dan akan sulit untuk bergerak. Begitu juga dengan website jika dalam sebuah server diisi oleh beberapa website saja maka untuk pengaksesannya akan lebih cepat.

* Aktivitas pada Server Tersebut Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aktivitas apa saja yang terjadi dalam server tersebut karena setiap aktivitas website yang terjadi dalam sebuah server sangat mempengaruhi website lain yang berada dalam server yang sama.

Contoh :

Kamu memiliki website yang ternyata server website kamu shared dengan website Game Online. Maka setiap aktifitas yang dilakukan oleh website Game Online secara tidak langsung mempengaruhi kecepatan akses websitemu. Websitemu terkadang akan menjadi lambat diakses. Maka sebagai pengguna shared hosting yang baik, sebaiknya kamu selalu memonitoring aktivitas websitemu supaya tidak menghambat website lainnya.

* Koneksi Internet Terkadang faktor yang membuat websitemu lambat salah satunya adalah koneksi internet itu sendiri. Oleh karena itu, disarankan memilih provider yang paling kencang dan bisa memenuhi kebutuhan onlinemu. Jangan sampai karena kamu salah memilih provider maka akses websitemu menjadi lambat.

* Kualitas Server Hal terakhir yang menjadi penentu sebuah website dapat diakses dengan lancer adalah kualitas server itu sendiri. Jika server memiliki prosesor dan RAM yang mumpuni, maka website di dalamnya akan lebih cepat loadnya. Tapi kamu tidak perlu khawatir semua server di Masterweb sudah memiliki prosesor dan RAM yang mumpuni jadi website kamu selalu dapat diakses dengan baik.

Semoga penjelasan dari kami ini dapat sedikitnya menambah wawasan buat MWN’ers sekalian :)