Migrasi SPanel ke cPanel mudah gak sih?

thumb

Halo #MWNers, mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu bahwa Masterweb memiliki control panel yang dikembangkan sendiri yaitu SPanel. Control panel yang sangat berkaitan erat dengan perkembangan PT Master Web Network (MWN). Mengingat pada tahun berdiri MWN yaitu tahun 2001 seluruh perusahaan web hosting mengembangkan control panelnya sendiri-sendiri. cPanel/Plesk belum mendominasi seperti saat ini. Hingga saat ini SPanel masih terus dikembangkan oleh MWN untuk dapat lebih baik lagi.

Seiring berjalannya waktu, banyak para pengguna hosting yang ingin menggunakan control panel cPanel dalam operasi sistem hostingnya. Sehingga bagi kamu yang sebelumnya menggunakan control panel SPanel dan berkeinginan mencoba control panel cPanel tidak perlu khawatir. Migrasi control panel mu akan dibantu oleh Technical Support kami yang selalu siap siaga membantu. Serta migrasi pertama kali mu pun GRATIS oleh kami.

Namun dikarenakan perbedaan control panel maka ada beberapa konfigurasi yang perlu kamu samakan kembali dan perhatikan yaitu :

  1. Kamu harus update password semua akun email di cPanel nanti.
  2. Catat semua zona dns yang kamu buat pada SPanel jika diperlukan nanti kamu update kembali pada CPanel.
  3. Ubah path configurasi aplikasi website kamu karena path antara SPanel dan cPanel berbeda.
  4. System backup yang tersedia di cPanel hanya 1 bulan, berbeda dengan SPanel yang memiliki system backup hingan 3 bulan. Namun, ada baiknya jika kamu juga melakukan backup kamu sendiri dari data existing yang terakhir kamu punya.
  5. Kemungkinan data cron, awstat tidak akan sync saat akun kamu berada di cPanel nanti.
  6. Perlu ada add user kedalam database kamu saat berada di cPanel.
  7. Jika kamu melakukan setting permision pada sebuah folder/file agar menjadi writable harap kamu catat karena nanti semua akan direset ke defaultnya atau menjadi tidak writable dan perlu kamu set kembali agar menjadi writable
  8. 8. Pastikan kamu mencatat akun email terusan atau Forwarders yang telah kamu buat pada SPanel karena saat di cPanel akun tersebut tidak akan tercreate otomatis jadi kamu perlu membuat ulang.

Demikian hal-hal yang perlu kamu perhatikan pada saat memutuskan untuk migrasi dari control panel SPanel ke cPanel. Jika kamu bersedia melakukan migrasi langsung saja kirimkan tiket support melalui akun masterkey mu https://masterkey.masterweb.com jangan lupa cantumkan jadwal migrasi yang kamu inginkan.

Notes : Disarankan migrasi dilakukan diluar jam kerja (08.00-17.00) dikarenakan memerlukan masa resolved 3-6 jam.

PT. Master Web Network

Gedung Cyber 1 Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta 12710

Telp. +62-21-5269311, 5266899 (Hunting)

Faks +62-21-5269312, 5276899

Email: info@masterweb.com www.masterweb.com