Mengenal Pengertian, Fungsi dan Jenis Server

thumb

Komputer Server adalah salah satu infrastruktur yang paling penting dalam organisasi manapun seperti kita contohkan Kaskus.com, salah satu forum (website) terbesar yang ada di Indonesia menangani load jutaan hit per hari atau ratusan ribu hit per detik. Kaskus.com diharuskan memiliki server yang cukup banyak. beban request akan didistribusikan ke server-sever tersebut.

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosessor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan.  Sebuah komputer yang didesign khusus baik dari segi hardware maupun dari segi software yang digunakan sebagai penyedia layanan untuk kebutuhan akan permintaan komputer client dalam sebuah jaringan, biasanya komputer server mempunyai tugas penting dalam jaringan komputer sebagai pengatur lalu lintas data serta penyedia resource untuk digunakan oleh komputer – komputer client.

Fungsi Komputer Server

  • Menyimpan database dan aplikasi yang dibutuhkan oleh komputer client
  • Menyediakan fitur keamanan berbasis server
  • Memberikan perlindungan firewall pada seluruh jaringan komputer
  • Menyediakan alamat IP Address untuk untuk perangkat yang terhubung jaringan.

Jenis Server

Komputer server sendiri sebenarnya ada beberapa jenis dan dibedakan berdasarkan fungsi dari server itu sendiri, dibawah ini merupakan beberapa macam jenis server yang banyak digunakan dalam sebuah jaringan komputer.

1) Mail Server

Software pada suatu server yang menjalankan servicenya sebagai email, umumnya yang biasa digunakan ialah qmail, exim, postfix dll. Port yang digunakan untuk Mail Server adalah 110 ( IMAP ) , 143 ( POP ) , 25 atau 587(SMTP), dll.  

2) WEB Server

r Software pada suatu server yang menjalankan servicenya sebagai protokol http, umumnya yang biasa digunakan ialah apache, httpd, IIS, tomcat, dll port yang digunakan umumnya 80

3) Database Server

Software pada suatu server menjalankan servicenya sebagai database, umumnya yang biasa digunakan ialah mysql, postgres, dll. port yang digunakan umumnya 3306

4) FTP Server

Software pada suatu server menjalankan servicenya sebagai file transfer protokol (FTP), umumnya yang biasa digunakan ialah FTPD , pure-ftp. port yang digunakan umumnya 21

5) Proxy Server

Dapat digunakan untuk memperkuat security pada sebuah jaringan.

6) Game Server

Server yang installasikan aplikasi game sebagai induk yg digunakan untuk pusat untuk menghubungkan antar pemain (client) dengan pemain yang lainnya. 

 

Semoga artikel ini membantu Anda mengenal Pengertian, Fungsi dan Jenis server.