Mengenal Lebih Dekat Tentang Hosting

thumb

Apa sih sebenarnya hosting itu? Apa kegunaannya? Bagaimana cara memilih hosting yang tepat?  Mungkin sebagian dari kita sudah tahu kegunaan dari Hosting itu sendiri, apalagi buat kita yang bergelut di dunia IT pasti sudah paham sekali mendengar kata HOSTING!

Tapi, untuk yang masih awam seputar Hosting, pasti akan bertanya-tanya, ya kan ?

Tidak perlu bingung, admin akan kasih TIPS mudahnya :

Hosting merupakan tempat penyimpanan dokumen atau file-file web yang bisa diakses 24 jam nonstop. Jadi sebenarnya hosting adalah space yang kita gunakan untuk menyimpan file-file website. Hosting merupakan harddisk seperti pada komputer biasa, hanya yang membedakan komputer tersebut dipersiapkan sebagai hosting dan terkoneksi dengan internet dan hidup 24 jam tanpa mati, karena jika server mati maka halaman kita tidak akan bisa diakses.

Teruuss! Apa ajah sih yang perlu diperhatikan dalam memilih hosting?

– Kapasitas / Space

Kapasitas merupakan besarnya space harddisk yang akan kita sewa guna menyimpan file-file yang kita butuhkan. Biasanya ada yang 10MB, 50MB, 200MB, dll. Setiap hosting memberikan spesifikasi layanan yang berbeda-beda mengenai besarnya kapasitas yang disewakan, semakin besar space yang digunakan semakin mahal kita harus bayar sewanya.

– Teknologi yang digunakan

Teknologi server hosting yang digunakan. Server yang digunakan Linux atau Windows, dan jika kamu membuat file PHP apakah hostingnya mendukung file PHP? Demikian juga apabila kamu membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl, Python, dan Ruby apakah hostingnya mendukung? Karena itu kamu harus teliti sebelum membeli, tanyakan langsung pada perusahaan hosting yang ingin kamu beli. Jangan sampai kamu membuat website dengan PHP tetapi membeli hosting yang tidak mendukung PHP. Versi PHP juga perlu diperhatikan terutama jika menggunakan CMS karena ada beberapa CMS yang membutuhkan versi PHP yang lebih tinggi.

– Database yang digunakan

Database merupakan hal penting terutama jika website kamu adalah website dinamis. Cek juga jenis database yang disediakan MySQl, PostGre SQl, Microsoft Access, dll. Cek juga ketersediaan Database yang bisa digunakan 1, 2 atau tak terhingga (unlimited database).

– Backup dan Restore

Tanyakan juga untuk backupnya apakah secara otomatis atau harus kita lakukan secara manual. Karena untuk keamanan dan backup data, biasanya menjadi tanggung jawab pribadi dari pelanggan hosting (bukan dari perusahaan hosting). Ketika website kita terkena virus dan harus dibersihkan maka backup data sangatlah dibutuhkan. Layanan backup data biasanya untuk perusahaan hosting adalah sebagai complement atau pelengkap, oleh karena itu kita disarankan juga harus senantiasa melakukan backup pribadi. Dengan kita tetap melakukan backup secara mandiri, kita bisa memastikan data-data yang kita backup sesuai dengan kebutuhan kita.

– Support yang diberikan

Support merupakan hal yang tak kalah pentingnya karena jika Kita mengalami kesulitan, support inilah tempat Kita bertanya. Cari dukungan support yang siap online membantu Kita dalam 7 x 24 jam ya. Sehingga ketika Kita mengalami kesulitan, bisa langsung tanyakan dan segera bisa mendapatkan jawaban tidak menunggu berlarut-larut.

MASTERWEB menjawab semua pertanyaan itu, dari kapasitas hosting, kita bisa bebas memilih kapasitas yang sesuai dengan yang Kita butuhkan, dari teknologi yang digunakan, MASTERWEB menggunakan os linux untuk servernya dan mendukung file php. Untuk database yang digunakan, MWN menyediakan Mysql dan post gresql. MWN mempunyai 3 kontrol panel yaitu SPanel dan cPanel dan saat ini sudah menambah satu kontrol panel baru yaitu Plesk. SPANEL merupakan panel kontrol hosting yang digunakan dan dikembangkan sendiri oleh MWN. Data backupnya pun sudah ada otomatis, untuk Kita yang menggunakan SPANEL menyimpan data backup maksimal 3 bulan dan kontrol panel CPANEL maksimal 1 bulan. Kita dapat mengambil data backupnya pada kontrol panel Kita. Plesk kontrol panel terbaru pun lebih banyak keunggulannya. Kontrol panel ini dapat menampung versi php hingga 5.6. Kita hanya perlu pilih versi php sesuai kebutuhan bisnis Kita. Dan yang terakhir pelayanan supportnya, Masterweb Network merupakan perusahaan hosting yang pelayanan supportnya sudah di jamin non stop 7×24 jam dengan setia melayani setiap pertanyaan Kita MWN’ers.

So, tunggu apa lagi!

Segera bergabung bersama dengan kami…!!!

www.masterweb.com