Mengenal Lebih Dekat PHP

thumb

Kali ini admin ini share pengetahuan seputar skrip yang sering digunakan oleh pemrograman/programmer untuk membangun suatu website atau situs website.

Sebenarnya banyak bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam membangun suatu website, Namun untuk saat ini admin ingin mengulas tentang bahasa pemrograman yang paling dasar yaitu PHP.

Sebelum lebih lanjut ke tahap pembahasan, dari #MWNers ada yang sudah familiar dengan bahasa pemrograman yang satu ini ?

Berikut sejarah terbentuknya bahasa pemrograman PHP 

Awal mulanya, PHP kepanjangan dari Personal Home Page (Situs Personal). Bahasa pemrograman ini dibuat oleh seorang pemrogram dari Denmark/Greenland bernama Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI) yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Seiring bertambahnya tahun dan perkembangan IT begitu pesatnya, akhirnya pada tahun 1997 sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Tidak lama setelah itu, pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Untuk penjelasan PHP itu sendiri adalah suatu bahasa pemrograman berbasiskan web server dan bisa di sisipkan dalam suatu file yang berformat HTML (Hybertext-Markup-Language). PHP sering dimanfaatkan dalam pembuatan CMS (Content-Management-System).

Kelebihhan PHP dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya adalah 

1. Bahasa pemograman PHP adalah sebuah bahasa perintah/script yang tidak melakukan kompilasi dalam melakukan proses. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana-mana dari mulai apache, Lighttpd, IIS sampai Xitami dengan konfigurasi  yang relatif sangt mudah. Dalam segi pengembangannya lebih mudah, karena banyaknya milis-milis dan juga developer untuk siap membantu dalam pengembangannya.

2. Dalam segi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting dan paling mudah karena memiliki panduan dan tutorial yang banyak. PHP adalah bahasa pemograman open source bisa di kembangkan dan dapat digunakan di berbagai operasi (Linux-Windows-Unix-Macintosh) juga dapat di jalankan secara runtime degan proses console serta juga bisa menjalankan perintah-perintah sistem.

Adapun tipe-tipe data yang ada di bahasa pemrograman PHP yaitu : Object, Array, Null, Nill, Resource, Integer, Double, Boolean dan String.

Sekian informasi tentang bahasa Pemrograman PHP, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk #MWNers ya!

Salam hanget untuk #MWNers semua :)