Mengatasi Website Yang Terkena Malware atau Trojan

thumb

#MWNers tahu gak sih apa itu Malware?

Malware dari bahasa inggris Malicious dan Software, malware berasal dari perangkat lunak untuk menyusup dan merusak sistem komputer.

Situs kamu dapat terdeteksi mengandung Malware/Trojan oleh antivirus ketika diakses akan muncul “Reported Site Attack” yang disebabkan pada skrip websitemu mengandung sepenggal/baris/beberapa skrip yang dianggap berbahaya. Biasanya malware meng-inject sebuah file dengan membuat 1 baris misalnya, dalam skrip javascript atau frame <iframe> dan file yang umum ter-inject adalah file index (.php, .html, dan lainnya.)

Malware tersebut sebelumnya sudah tersimpan pada komputer kamu dan perlu kamu ketahui, sifat umum malware menginject sebuah file pada saat kamu upload file lewat 3rd party file transfer (FTP misalnya filezilla, dll). Hal tersebut lah penggalan skrip bisa tertulis ke dalam skrip web index (.php, .html)

Apabila situs kamu sudah terkena malware dan kamu menggunakan shared hosting ini bisa berbahaya lho, namanya virus bisa menjangkiti user-user lain yang masih “sehat”, untuk antisipasi dari sisi penyedia shared hosting adalah mensuspend sementara situs kamu, jangan keburu ngambek kalau disuspend ya hehe.. Telusuri dulu penyebab situs kamu disuspend..

Nah, setelah tahu ternyata akibat malware giliran dari kamu yang melakukan pembenahan di sisi skrip situs kamu.

Terus gimana cara pencegahan dan solusinya ya?

  • Selalu rajin untuk update antivirus yang kamu gunakan.
  • Sebelum upload skrip melalui FTP, ada baiknya kamu melakukan scanning menggunakan anti spyware/malware atau antivirus + anti spyware/malware itu lebih baik #MWNers. Bila diperlukan buatlah file archive semisal .zip, .rar, .tar, .gz, dll baru deh kamu upload skripmu ke server hosting.
  • Kalau kamu sudah yakin file yang akan kamu upload bebas dari virus dan sejenisnya, kamu bisa request ke Google untuk melakukan review ulang. Kamu bisa cek disini: http://www.google.com/webmasters/tools/ (pastikan kamu punya user Google terlebih dahulu) dan ikuti instruksi yang ada didalamnya.
  • Pada skrip yang kamu upload, pastikan selalu permission file/folder nya.

Nah itulah informasi mengenai malware dan cara pencegahannya, semoga bermanfaat ya MWNers..

Jangan malas untuk selalu mengecek situs kamu yaaa..

Jika ada pertanyaan lain silahkan hubungi Customer Service kami di 021-5269311 atau kunjungi situs kami http://www.masterweb.com/konten

 

PT. Master Web Network

Gedung Cyber 1 Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta 12710

Telp. +62-21-5269311, 5266899 (Hunting)

Faks +62-21-5269312, 5276899

Email: info@masterweb.com www.masterweb.com