Kenapa sih website saya sering terkena hacked?

thumb

Website merupakan sarana informasi publik yang penting dalam industri apapun di era teknologi saat ini. Memiliki website yang dapat diakses dengan baik setiap saat merupakan keinginan kita semua. Namun, tidak jarang website kita tersusupi oleh hacker atau malah sering terkena hack. Konotasi hacking adalah identik dengan orang-orang yang suka mensusupi sistem keamanan komputer di jaringan. Ada beberapa hal yang menyebabkan website kamu sering terkena hacked, yaitu :

 

1. Hacker akan masuk dengan memanfaatkan “celah” script kamu

    Biasanya si hacker akan menginjeksi script (senjata untuk mensusupi situs kamu) dengan cara memanfaatkan celah keamanan script website kamu. Jika website kamu mengunakan aplikasi script opensource pihak ketiga seperti joomla, wordpress, drupal, atau yang sejenisnya, rajin-rajinlah untuk melakukan update / upgrade kemanan aplikasi web kamu. Agar hacker tidak bisa masuk kedalam aplikasi web kamu.

 

2. Aktifkan antivirus, antispyware terbaru pada PC kamu

    Selain dari lemahnya keamanan aplikasi web kamu, hacker dapat masuk melalui virus yang ada di PC kamu yang biasanya digunakan untuk upload file aplikasi web. Oleh sebab itu, mimin sarankan selalu aktifkan dan update antivirus komputer kamu.

3. Ubah semua password: cPanel/spanel/plesk, FTP, database, email

    Jika hacker sudah cukup jauh masuk kedalam aplikasi web kamu atau virus sudah memanfaatkan email kamu untuk digunakan mengirimkan spam. Silahkan kamu rubah semua password cPanel/spanel/plesk, FTP, database, email kamu.

4. Jika kamu membuat program sendiri, periksa kembali keamanan program kamu. Sebaiknya banyak membaca buku-buku tentang pemrograman yang aman (secure programming), banyak membaca artikel soal keamanan pemrograman web, dan memperbanyak pengalaman seputar pemrograman.

Lalu bagaimana kalau hacker masuk dari sisi server hosting?

Jika kamu khawatir bahwa website kamu terkena hack mungkin dari sistem security server yg kurang aman. Mimin kasih bocorannya :

    Kamu bisa mengaktifkan salah satu fitur yang ada pada salah satu control panel yg hanya ada di MasterWeb yaitu Spanel. Cobalah menjalankan skrip sebagai cgi-USER dan bukan USER, sehingga jika aplikasi website/skrip Anda diexploit, si penyusup tidak bisa begitu saja mengupload file ke document root kamu.

Caranya :

    Login ke control panel Spanel >> Subdomain Manager >> Prefs pada subdomain yang diinginkan >> user CGI

Hal ini dapat mengamankan aplikasi website kamu dari terjangan hacker.

Kamu masih belum yakin bahwa sisi server hosting kamu aman? teknikal support kami 24 jam memantau server hosting yang ada di MWN dan apabila terjadi kelemahan pada sisi server kami, maka kami akan konfirmasikan kepada client untuk perbaiki serta update segera mungkin.

Jadi masih khawatir hosting kamu tidak aman?

Langsung order hosting mu disini