Install Joomla

thumb

Spanel merupakan kontrol panel yang simple (menurut saya), namun butuh ketelitian dalam menggunakannya :D

Menginstall joomla di spanel ini memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan install joomla atau cms lain di fantastico (menu instalasi cpanel), namun jika kita bersabar dan mau mencoba saya yakin pasti berhasil (dari pada bayar instalasi script :P ).

Pertama kali yang harus anda lakukan untuk instalasi joomla di spanel adalah login ke spanel (pastinya dengan user dan password kontrol panel Anda). Setelah login ke spanel pastikan anda berada di document root sebelum anda melakukan instalasi. Adapun document root dari spanel ini adalah folder www.

Bagaimana kita bisa ke folder tersebut?

Silahkan anda login ke Spanel > sorot menu file > klik kelola file > setelah itu anda bisa masuk kedalam folder sites > namadomain.com > www.

Setelah anda berada di document root tersebut anda bisa memulai instalasi dengan cara :

Sorot menu file > Installer Aplikasi Web > Tambah Baru > Anda bisa pilih sesuai keinginan anda, namun karena kita bahas joomla jadi kita pilih adalah joomla. Setelah Anda pilih aplikasi joomla, disana akan tertera isian yang dengan tanda * yang artinya wajib di isi.

  • Instal di protokol mana (umumnya http)* : Anda pilih http
  • Instal di subdomain mana* : Anda pilih directory dimana joomla Anda akan diinstall
  • Instal di folder mana* : defaultnya / (root)
  • Alamat email pengelola situs* : Anda bisa isikan alamat email Anda
  • Nama situs* : Anda bisa isi sesuai keinginan

Setelah Anda submit silahkan lakukan proses intalasi dengan mengakses http://namadomainanda.com Ada tujuh step dalam melakukan proses instalasi joomla :

  1.  Memilih bahasa. Anda bisa pilih bahasa sesuai keinginan anda > Next
  2. Pre-installation check. Anda bisa abaikan > Next
  3. License. Anda bisa abaikan > Next
  4. Database. Untuk mengisinya anda terlebih dahulu harus membuat nama dan user database terlebih dahulu di Spanel > database > mysql > tambah database baru.
    Nama dan user yang anda masukan harus setelah user hosting dan usahkan tidak terlalu panjang, misal : h12345_db.Database Type : mysql
    Host Name : localhost
    Username : username yang sudah anda buat sebelumnya
    Password : password yang sudah anda buat sebelumnya
    Database Name : nama database yang anda buat sebelumnya
    Table Prefix : Anda bisa abaikan > Next
  5. FTP Configuration. Anda bisa abaikan > Next
  6. Main Configuration : Anda bisa isikan sesuai keinginan anda. > Next
  7. Finish : Jangan buru-buru Anda selesaikan proses instalasinya karena masih ada hal penting yang harus Anda lakukan, yaitu membuat mengcopy isi dari file configuration.php ke folder dimana anda install joomla tersebut. Setelah itu silahkan anda hapus folder installasi dan selamat menikmati website Anda.