FAQ HOSTING (Billing)

thumb

#MWNers semua mungkin masih bingung mengenai prosedur membeli layanan di Masterweb, misalnya mengenai pembayaran, aktifasi, akun hosting yang didisable, dll. Nah sekarang kami ingin memberikan 15 FAQ mengenai hosting yang sering sekali ditanyakan oleh #MWNers semua. Yuk simak!

  

1. Q: Saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan mengenai pembayaran.

- Saya sudah melakukan pembayaran tapi kok belum ada konfirmasi? Ini sudah lewat dua hari lho!

- Saya sudah melakukan pembayaran dan sudah lunas, kok masih ditagih?

- Akun hosting saya masih disuspend padahal saya sudah melakukan pembayaran

A: Apabila kamu sudah melakukan pembayaran dan masih belum menerima email konfirmasi, kemungkinan dikarenakan kami tidak dapat mengidentifikasikan pembayaran kamu. Bisa jadi kamu tidak segera melakukan konfirmasi pembayaran atau konfirmasi kamu belum akurat maka kami belum dapat mengidentifikasikan pembayaranmu.

  

2. Q: Kenapa pembayaran saya tidak dapat diidentifikasi?

A: Hal tersebut ada beberapa kemungkinan, yaitu:

    1. Bisa jadi kamu membayar tunai tanpa mencantumkan informasi di kolom berita dengan sesuai
    2. Kamu membayarkan tidak sesuai dengan jumlah nominal di invoice, misalnya pembayaran kurang atau malah terlalu banyak, pembayaran digabung sekaligus tanpa memberikan informasi, atau membayar langsung 2 atau 3 periode tanpa menyesuaikan tagihannya dulu
    3. Membayar menggunakan rekening nama lain (tidak pernah membayar dari rekening ini sebelumnya)
    4. Kamu membayar sebelum keluar tagihan (sistem kami mengecek dari tagihan yang ada) dan masih banyak lagi kemungkinan lainnya.

  

3. Q: Saat ini ada berapa rekening di Masterweb?

A: kami ada 2 rekening yaitu BCA dan Mandiri, dan masing-masing ada rekening perorangan (atas nama Tommie Haryanto) dan rekening giro (atas nama PT. Master Web Network). Selain membayar lewat ATM/Bank, kamu juga bisa membayar menggunakan kartu kredit atau paypal.

  

4. Q: Bedanya rekening perorangan dengan rekening giro apa ya?

A: rekening personal/perorangan tersedia Internet Banking dan bisa diperiksa secara real time. Maka proses aktifasinya cukup cepat yaitu 15-30 menit setelah pembayaran kami terima. Sedangkan rekening atas nama PT. Master Web Network menggunakan rekening giro, dan saat ini hanya dikhususkan untuk perusahaan yang mengharuskan pembayaran ke sesama rekening PT. Rekening giro ini membutuhkan validasi setelah 1-2 hari kerja.

  

5. Q: Kenapa Masterweb masih saja harus konfirmasi pembayaran manual, tidak otomatis dan saya tidak perlu konfirmasi pembayaran?

A: Karena kami saat ini menggunakan rekening tabungan seperti Tahapan BCA atau Tabungan Mandiri, maka konfirmasi diperlukan untuk mengidentifikasi transaksi mana di catatan mutasi rekening yang merupakan transaksi kamu.

  

6. Q: Terus gimana caranya saya melakukan konfirmasi pembayaran?

A: Kamu bisa konfirmasi melalui Customer Service kami, namun lebih kami sarankan apabila kamu melakukan konfirmasi langsung melalui akun masterkey. Berikut panduannya: http://kb.masterweb.com/panduan-pengguna-masterkey-konfirmasi-pembayaran-masterkey.html

  

7. Q: Tagihan terhitung mulai kapan?

A: Tagihan dihitung mulai dari tanggal ORDER bukan tanggal PEMBAYARAN maupun aktifasi. Maka dari itu bayarlah order kamu pada hari yang sama, agar kamu tidak terlalu “rugi”.

  

8. Q: Kapan email reminder tagihan dikirim?

A: Untuk hosting 60 hari sebelum expired dan untuk domain 30 hari sebelum expired.

  

9. Q: Apa saya bisa upgrade atau downgrade paket? dan bagaimana perhitungan biayanya?

A: Bisa, tetapi dengan beberapa point yang menjadi catatan:

    • Apabila kamu downgrade, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Kamu akan mengalami disk quota full atau beberapa fitur tidak jalan karena quota paket lebih kecil atau bisa juga beberapa fitur tidak tersedia di paket yang lebih kecil dari sebelumnya.
    • Perpindahan ke paket tertentu mungkin dapat berakibat pindah server, karena kami membedakan paket-paket tertentu di server berbeda-beda
    • Apabila upgrade, kamu harus membayar kekurangan biaya dari harga yang sebelumnya (muncul invoice baru) atau membayar pro rata sisanya
    • Perpindahan antar paket tertentu dikenakan biaya. Misalnya, dari paket hosting Spanel ke cPanel dikenakan biaya migrasi beda control panel
    • Perpindahan antar paket tertentu mungkin tidak/belum bisa misalnya karena: stok habis. Contoh, Kamu ingin pindah dari paket hosting Spanel ke Plesk, sementara semua server Plesk kami sedang penuh dan kami tidak/belum menambah server Plesk baru.

  

10. Q: Kapan hosting saya expired?

A: Tanggal jatuh tempo pada tagihan. Tanggal expired hosting dan domain dapat sama ataupun beda. Tergantung pada periode berlangganan yang dipilih. Misalnya periode domain 1 tahun tetapi hostingnya kontrak 3 bulan, maka tagihan hosting bulan ke 3, ke 6, dan ke 9, domain belum expired.

  

11. Q: Jika layanan saya expired, hosting saya bagaimana?

A: Setelah jatuh tempo, kami akan memberikan tenggang waktu 5 hari, dan setelah itu hosting kamu akan didisable/disuspend.

  

12. Q: Lalu bagaimana agar hosting aktif lagi?

A: Kamu cukup membayar semua tagihan yang belum terbayar untuk akun hosting yang ingin diaktifkan, tidak dikenakan biaya tambahan.

  

13. Q: Apakah ada jangka waktu untuk membayar akun hosting yang telah disuspend?

A: Akun hosting kamu akan otomatis dihapus atau diterminated 90 hari (3 bulan) setelah tanggal jatuh tempo. Akun yang sudah diterminated tidak dapat direstore.

  

14. Q: Lalu apa yang terjadi kalau hosting dihapus?

A: Semua data akun kamu (website, email, setting cron, dsb) akan dihapus tetapi akun masterkey tetap aktif.

  

15. Q: Hosting yang sudah dihapus apa bisa direstore kembali?

A: Kami biasanya tetap menyimpan sejarah backup akun hosting yang sudah dihapus selama 1 bulan atau lebih sejak dihapus, namun kami tidak menjamin hal ini karena sewaktu-waktu backup tersebut dapat saja dihapus oleh admin/sistem.

  

Nahh itu semua 15 FAQ yang sudah kami ringkas supaya MWNers lebih paham untuk berlangganan hosting di Masterweb. Apabila pertanyaan-pertanyaan diatas masih belum mewakili pertanyaanmu, jangan sungkan untuk hubungi kami di 021-5269311 yaa atau kunjungi website kami http://www.masterweb.com/