CMS Terpopuler versi MWN!

thumb

CMS atau Content Management System adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Berdasarkan pengalaman Kami, seorang yang baru akan memulai membangun/ membuat website kebingungan dengan CMS yang akan digunakan, Karna banyaknya jenis Open Source CMS yang terdapat di Auto Installer seperti Fantastico maupun  Softaculous.

Agar memudahkan Anda untuk memilih CMS yang tepat untuk website yang sesuai kebutuhan Anda, Berikut Kami rekomendasikan 6 CMS pilihan yang paling sering banyak digunakan :

1) WordPress

WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little WordPress adalah salah satu aplikasi atau script berbasis web yang dapat anda gunakan untuk membangun sebuah website atau blog. WordPress digunakan oleh sebagian besar pengguna web karena instalasinya yang sangat mudah bahkan untuk yang masih pemula sekalipun.

Kebanyakan pakar internet marketing sangat menganjurkan untuk menggunakan aplikasi WordPress ini sebagai basis web, karena kehebatan WordPress dalam bertarung di Search Engine (mesin pencari) sudah terbukti dan tidak diragukan lagi.

WordPress dapat digunakan untuk blog sederhana maupun untuk web professional dan yang membuat WordPress semakin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

2) Joomla

Joomla lahir pada tahun 2005 dengan versi 1.0, dan Joomla menggunakan apache sebagai webserver, bahasa PHP, dan basis data MySQL.

Joomla secara terus menerus dikembangkan melalui berbagai aktivitas oleh komunitas yang sangat aktif dan tertarik dengan sistem ini. Serta apabila tidak salah pada tahun 2013 ini joomla yang paling terbaru adalah joomla version 3.1.1 dan menurut situs resminya joomla versi ini sudah dikatakan sebagai joomla yang stabil.

Anda dapat mendownload melalui http://www.joomla.org/

3) Prestashop

CMS PRESTASHOP didirikan pada tahun 2007 di Perancis oleh dua orang Professional di bidang Ecommerce yaitu: Igor Schlumberger dan Bruno Leveque. CMS yang khusus digunakan dalam membangun toko online. CMS PRESTASHOP dapat di install pada webhosting dengan spesifikasi antara lain : berbasis linux atau windows, PHP versi 5.0 keatas, apache versi 1.3 atau IIS6 keatas.

E-commerce CMS PRESTASHOP menggunakan ajax serta pemanfaatan tag smarty, selain itu, tampilannya juga dapat dengan mudah diubah menjadi sebuah web toko online yang menarik dan professional.

Dukungan Forum Prestashop : www.prestashop.com/forum

4) Magento

Magento adalah salah satu aplikasi web yang berbasis CMS (Content Management System) khusus untuk ecommerce atau penjualan online. Untuk program web yang dibuat untuk aplikasi ini menggunakan Zend Framework, sedangkan untuk database toko online, aplikasi ini menggunakan Entity-Attribute-Vale (EAV). Dengan menggunakan Magento, anda sudah bisa membuka toko online dan membuka penjualan transaksi online melalui Paypal atau kartu kredit.

5) PhpBB

PhpBB merupakan software forum tertua dan paling banyak digunakan. PHPBB pertama kali diciptakan oleh James Atkinson pada 1 juli 2000.  PHPBB singkatan dari Personal Home Page Bulletin Board yaitu “PHP” adalah program yang digunakan untuk membangun”PHP Hypertext Preprocessor”, dan “BB” yang berarti Bulletin Board atau Forum.

Keunggulan PHPBB dibandingan software opensource Forum lainnya adalah dukungan terhadap beberapa database, seperti MySQL, Microsoft SQL server, odbc, Postgre.

6) Moodle

 MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dengan mekanisme dan konsep belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning.

Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

 

CMS yang disebutkan diatas memiliki fungsi yang berbeda, seperti untuk blog, website e-commerce atau toko online, Forum dan juga untuk program e-learning, CMS tersebut juga paling sering digunakan karena kemudahan penggunaannya, Anda dapat menginstall CMS tersebut pada hosting Anda.

Semoga penjelasan Kami membantu Anda dalam menentukan CMS pilihan untuk website Anda!