Ayo Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Whois Domain?

thumb

Mungkin bagi kita yang sudah berkecimpung di dunia internet atau dunia web hosting tidak asing mendengar kata Whois. Beberapa dari kita mungkin sudah menggunakannya walaupun hanya untuk mengecek tanggal expired suatu domain. Namun apa sebenernya Whois itu? Whois merupakan sebuah layanan internet yang biasanya digunakan untuk mendapatkan informasi dari suatu website atau domain tertentu. Informasi yang tertera pada Whois domain biasanya terdiri dari nama pemilik domain, ip address, name server, email registrasi, umur domain, admin ID dan sebagainya.

Pada perkembangannya, data whois suatu domain dapat dilihat di situs-situs whois seperti whois.net atau domaintools. Melalui situs-situs whois tersebut kita bisa mendapatkan informasi kepemilikan suatu domain dengan mudah. Namun masih ada cara lain untuk mengetahui whois suatu domain yaitu menggunakan command line yang masih sering digunakan oleh para administrator jaringan.

Ada beberapa kegunaan Whois yaitu :

1. Mendapatkan informasi ketersediaan domain. Sehingga jika domain dalam status tersedia atau belum terregistrasi oleh orang lain, maka Anda bisa melakukan registrasi atas nama domain tersebut.

2. Memfasilitasi pencarian data untuk hak cipta dan merk dagang.

3. Mendukung keamanan dan kestabilan dari internet dengan menyediakan informasi kontak yang bisa dihubungi yang berhubungan dengan jaringan, ISP, dan pemilik atas nama domain tersebut.

4. Memberikan konstribusi pada kepercayaan pengunjung ketika mengunjungi suatu situs, seperti situs toko online, lembaga sosial, atau perusahaan yang menawarkan produk dan jasanya.

5. Mempermudah penegakan hokum dalam investigasi pelanggaran hukum dalam suatu Negara, dalam hal ini seperti pornografi, terorisme, perdagangan organ dan illegal content.

Namun tidak jarang data-data pada informasi Whois domain disalahgunakan. Salah satunya adalah Hacker dan Spammer yang sering memanfaatkan IP pemilik hingga email. Hal itu digunakan sebagai kepentingan pribadi yang bahkan bisa merugikan orang lain.

Untuk menghindari hal itu terjadi, banyak perusahaan domain yang menawarkan jasa perlindungan data sensitif Whois yaitu Whois Privacy Domain atau disingkat Whois Privacy. Bagi pengguna Domain yang membeli Whois Privacy dari perusahaan penyedia, maka setiap data sensitive hingga IP Address yang ada di whois akan diarahkan langsung dan digantikan dengan data penyedia service.

Mengapa Whois Privacy penting atau wajib digunakan?

1. Memblokir Spam

Sering kedatangan ribuan email Spam tiap bulannya? Hal ini dikarenakan data pribadi kita termasuk email kita tersebar luas di Internet. Sehingga siapapun dengan mudahakan mengirimkan bom spam ke email Anda. Namun jika Anda menggunakan Whois Privacy maka tidak perlu khawatir lagi dengan Spam karena email pribadi Anda akan digantikan dengan milik perusahaan penyedia.

2. Menghindari Penyalahgunaan Telepon

Pada data Whois Domain terdapat informasi nomor telepon kita yang akan tersebar luas dan siapapun dapat dengan mudah menghubungi Anda. Pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi karena nomor telepon adalah privacy. Untuk menghindari hal tersebut Whois Privacy sangat dibutuhkan untuk menggantikan nomor telepon asli kamu dengan nomor telepon lain.

3. Melindungi identitas pribadi.

Seperti yang sudah diinformasikan diatas jika perusahaan penyedia privacy akan menggantikan data pemilik domain dengan data mereka. Hal ini cukup sekali membantu menjaga kerahasiaan data pribadi Anda pada situs yang sedang dibuat.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua domain dapat menggunakan Whois Privacy. Domain dengan extention .ID (.ID, .CO.iD, .SCH.ID, .AC.ID, dll) tidak dapat menggunakan Whois Privacy. Sebaliknya Domain .TLD ( .COM, .NET, .ORG, dll) dapat menggunakan Whois Privacy. Jangan sampai Whois domain Anda disalahgunakan oleh orang lain.

Konsultasikan perihal proteksi Whois Anda melalui : http://www.masterweb.com/konten/livechat.html Customer Service kami dengan senang hati akan membantu Anda.

PT. Master Web Network

Gedung Cyber 1 Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta 12710

Telp. +62-21-5269311, 5266899 (Hunting)

Faks +62-21-5269312, 5276899

Email: info@masterweb.com www.masterweb.com