Apa itu Google My Business, Bagaimana Cara Registrasi dan Verifikasinya?

thumb

Hi #MWNers, #Tahukah Kamu! Ketika ingin main Campaign di Google Adwords, kita perlu mempunyai account GMB (Google My Business)sebagai salah satu syaratnya Lho.

Nah, dalam kesempatan yang baik ini, MasterWeb akan mengulas tentang apa itu Google My Business (GMB), bagaimana cara registrasi dan cara verifikasinya.

A. Apa itu Google My Business (GMB) ?

Dalam perkembangannya, banyak dari kita mengetahui sebuah bisnis atau perusahaan tertentu adalah dengan mencarinya di Google. Ketika kita search nama perusahaan atau bisnis yang ingin kita cari, tampilan mengenai detail bisnis tersebut akan muncul di bagian sebelah kanan. Bagi kamu yang seorang pelaku bisnis, tentunya hal tersebut menjadi keuntungan untuk kamu, karena detail bisnismu akan terlihat pada bagian tersebut.

Google My Business (GMB) adalah sebuah metode praktis bagi para pelaku bisnis untuk mengelola profil online mereka dengan google. Dengan GMB, kamu bisa tarik pelanggan baru dengan listingan gratis dari google. Listingan ini akan muncul ketika orang-orang menelusuri bisnis kamu atau bisnis lain yang serupa di Google Penelusuran dan Google Maps. GMB juga memudahkan kamu dalam membuat ataupun mengupdate setiap listingan, sehingga bisnismu akan tampil lebih menonjol dan menarik pelanggan lebih banyak. Bisnis yang telah diverifikasi di Google berpeluang dua kali lebih besar untuk dianggap sebagai bisnis bereputasi baik oleh pengguna.

Sudah mulai pahamkan penjelasan tentang Google My Business? Sekarang kita lanjut bahas mengenai bagaimana cara mendaftar account GMB dan bagaimana cara verifikasinya.

B. Cara Membuat dan Mendaftar Account GMB

Sebelum memulai membuat/mendaftar akun GMB, kamu memerlukan akun google. Apapbila belum pernah membuat akun google sebelumnya, kami sarankan untuk buat terlebih dahulu. Namun apabila kamu sebelumnya pernah mendaftar layanan google, kemungkinan besar kamu sudah memiliki akun google. Setelah semua telah siap, yuk simak cara mendaftarnya :

1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi halaman Google My Business (GMB) –> https://www.google.co.id/intl/id/business/, Kemudian klik menu “Mulai Sekarang”. Setelah ini kamu akan diarahkan ke halaman login akun gmail kamu, apabila sudah membuat akun gmail, silahkan login terlebih dahulu.

2. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi informasi data-data bisnis kamu yang nantinya akan ditampilkan di Google My Business. Usahakan mengisinya seakurat mungkin ya, karena akan berpengaruh pada halaman bisnis kamu. Hal pertama yang harus diisi adalah Nama Bisnis kamu. Setelah diisi, klik menu “Berikutnya”.

3. Pada halaman ini kamu diminta untuk mengisi alamat bisnis kamu. Isilah sedetail mungkin, kamu juga bisa sembunyikan alamat bisnis kamu kalau memang lokasi kamu bukanlah sebuah toko dengan centang “Sembunyikan Alamat Saya (Ini bukan Toko)”. Selain itu, apabila kamu centang “Saya Mengirim Barang dan jasa ke pelanggan saya”, kamu akan dimintai untuk mengisi data-data yang berhubungan dengan jasa kirim barang bisnis yang kamu sediakan. Kemudian Klik Berikutnya. Pilih Opsi area pengiriman, lalu klik “Berikutnya”.

4. Selanjutnya, kamu akan di arahkan untuk memilih kategori bisnis. Pilihlah kategori yang sesuai dengan bisnis kamu. Setelah itu klik “Berikutnya”

5. Pada tahap ini, kamu diminta untuk mengisi detail kontak yang ingin kamu tunjukkan atau perlihatkan kepada pelangganmu seperti nomor telepon dan URL situs bisnis kamu. Ini bersifat Optional.

6. Untuk menyelesaikan pendaftaran, silahkan verifikasi hubungan kamu dengan bisnis yang telah dibuat dengan mengklik Lanjutkan/Selesai.

7. Terakhir, kamu akan diminta untuk memilih opsi verifikasi.

Kamu bisa memilih untuk menerima kartu pos melalui surat dengan mengklik “Kirim” atau memverifikasi di lain waktu dengan mengklik menu “Nanti”. Tapi perlu di ingat ya #MWNers, profil bisnis kamu tidak akan berjalan sampai kamu melakukan verifikasi akun kamu.

Bagaimana #MWNers mudah bukan cara daftarnya? Setelah sukses mendaftar akun google bisnisku, ini saatnya kamu memaksimalkan websitemu untuk dipromosikan dengan Google Adwords! Kamu bisa temukan di Masterweb, info harga dan spesifikasinya dapat dilihat disini: http://www.masterweb.com/konten/digital_marketing.html