Apa itu Domain Redemption….?

thumb

Pada suatu hari terjadi pembicaraan antara CS dan Client, begini ceritanya…

Client : Saya udah bayar buat perpanjang domain saya. Mohon aktifkan kembali segera!

CS : Terima kasih untuk informasi dan konfirmasinya. Namun, mohon maaf karena domain Anda sudah tidak dapat diperpanjang. Untuk memperpanjang kembali Anda harus membayarkan denda dari registrar kami sebesar 250 USD.

Client : Haaah….!?!?!? Anda mau ngerampok saya yah…?!?!? Saya ini baru telat brapa bulan saja, sudah dirampok begini…?!?!?

….dan percakapanpun berlanjut….

Begitulah percakapan yang terkadang terjadi antara pelanggan dan penyedia hosting untuk layanan domain… :)

Bisa dipastikan ada banyak dari kita yang “tentunya” akan terkejut apabila tiba-tiba ditagih 250 USD (sekitar 3jt lebih) untuk mengaktifkan kembali domain yang sudah expired. Namun, hal ini mungkin karena ada banyak sekali dari kita yang belum mengetahui tentang istilah “Domain Redemption”.

Dikutip dari Knowledge Based Masterweb, Masa REDEMPTION adalah masa di mana pemilik domain yang lama diberi kesempatan memperpanjang dengan harga lebih mahal tertentu dari harga perpanjangan normal. Namun domain belum pasti dapat diperpanjang, karena pada saat ini domain sudah masuk dalam tahap pelelangan. Jika ada pihak lain yang ingin membeli domain tersebut dengan harga mahal, dapat saja diberikan kepada si pembeli baru.

Jadi, bisa dikatakan bahwa biaya 250 USD itu bukan masuk ke penyedia layanan, namun akan diteruskan ke Registrar (tempat mendaftarkan domain).

MasterWeb sangat memahami kondisi ini demi menjaga kelangsungan pelanggan untuk menggunakan domainnya. Sebelum masa expired domain, kami senantiasa mengirimkan email kepada setiap pelanggan kami setiap 60 hari, 30 hari, dan 7 hari sebelumnya.

So, sudahkah Anda check masa aktif domain Anda? :)

Silahkan berdiskusi dengan team Customer Service kami, http://www.masterweb.com/konten/kontak.html

Informasi lebih lanjut perihal domain expired… https://kb.masterweb.com/domain-expired.html