5 Alasan Kenapa harus memiliki Server Sendiri

thumb

Banyak diantara Kamu yang menaruh situs di host shared hosting dan memantapkan pilihannya pada shared hosting dibandingkan dengan dedicated server karna berfikir dedicated mahal. Tapi tahukah Kamu keuntungan jika memiliki server sendiri ?

Pada dasarnya suatu server shared hosting memiliki jumlah site yang bervariasi,  ada yang ratusan atau bahkan beberapa ribu site didalamnya dan begitupula komponen di dalam server itu sendiri seperti RAM, Data transfer, Bandwidth juga dishared ke user site lainnya sehingga terkadang bagi pemilik website yang memiliki traffic pengunjung yang tinggi, terlalu banyak data yang di load oleh server  atau bahkan tidak sadar dengan script website-nya yang memberatkan server karna banyaknya query yang berlebihan yang 

Umumnya sebagai Penyedia layanan Hosting akan melakukan suspend terhadap sebuah situs yang mengalami salah satu masalah diatas. Di Master Web sendiri, Team Teknikal Support akan melakukan pengechekan terlebih dahulu sebelum men-suspend situs yang memberatkan, setelah itu melaporkannya melalui tiket support dan memberikan hasil analisa dari pengechekan yang diterima untuk diinformasikan kembali ke pemiliki situs untuk melakukan pembenahan aplikasi web atau jika tidak memungkinkan menyarankan untuk memindahkan layanan yang lebih baik seperti Colocation (Penitipan Server) atau Dedicated Server (Sewa Server).

Banyak yang mungkin tahu untuk keadaan tersebut harus menggunakan server sendiri tapi tetap tidak mau pindah karna alasan dedicated terlalu mahal atau belum butuh. Padahal jika kita perhatikan  apabila menggunakan server sendiri banyak sekali manfaat dan keuntungannya, berikut penjelasannya :

1) Mengontrol Data

Jika Anda beralih ke dedicated/colocation server maka Anda akan mendapat kontrol penuh seperti mengatur dan mengelola input data baik database maupun webnya. Dengan keamanan yang baik, Orang lain tidak dengan mudah melihat apa yang Anda simpan di server sendiri sehingga privasi terjaga.

2) Kamu dapat Membangun Layanan Sendiri

Dengan memiliki dedicated server memungkinkan kamu membangun layanan web hosting sendiri tentunya harus disertai dengan pemahaman  teknis yang tepat juga.

3) Realibilitas

Shared Hosting memang dapat diandalkan namun untuk jika Kamu menggunakan dedicated/colocation server akan sangat dapat diandalkan karna saat Kamu menggunakan shared hosting, Kamu  berbagi ruang server dengan orang lain  dan mereka dapat mengambil banyak sumber daya yang akan mempengaruhi website Kamu. Sedangkan jika Kamu menggunakan dedicated/ colocation dari Master Web  maka  Kamu tidak harus berbagi server dan memiliki pengaturan kontrol penuh untuk sumber daya tersebut.

4) Akses Administrasi

Dalam menggunakan shared hosting Kamu tidak diberikan akses administrasi sehingga dalam beberapa kasus, hal ini sangat membatasi apa yang ingin Kamu lakukan dengan website Kamu. Lain halnya jika Kamu berinvestasi dengan dedicated server. Kamu akan diberikan akses root administrasi yang memungkinkan Kamu untuk menginstall program dan melakukan konfigurasi program secara costum.

5) Dukungan Teknikal Support

Saat Kamu  memutuskan untuk menggunakan dedicated server di MasterWeb maka Kamu berkesempatan untuk mendapat dukungan teknis prioritas dari perusahaan web hosting Master Web dengan waktu merespon yang cepat untuk menyelesaikan masalah Kamu. Teknisi yang berpengalaman akan menginformasikan dan memberikan saran/masukan yang Kamu butuhkan saat Kamu mengalami masalah website/ troubleshooting, mengubah pengaturan server ataupun melakukan  fungsi lainnya agar website dapat berjalan normal dengan menggunakan layanan managed.

Jika website Kamu memiliki kenaikan traffic yang significant maka shared hosting saja tidak cukup untuk kebutuhan Kamu maka dari itu Dedicated Server sangat dapat diandalkan untuk masalah tersebut.

Untuk melihat Layanan Dedicated / Colocation Server, silahkan akses http://kb.masterweb.net/beta/index.cgi/read/Daftar_harga_MWN#Colo_.26_dedicated_server